Inilah Ide-Ide Bisnis Paruh Waktu yang Bisa Kamu Kerjakan

Inilah Ide-Ide Bisnis Paruh Waktu yang Bisa Kamu Kerjakan

Bisnis paruh waktu, kenapa tidak? Ini bisa menjadi sebuah langkah awal bagi kamu untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Beberapa ide dapat kamu lakukan tanpa mengganggu aktifitas sehari-hari, jadi kamu yang sedang kuliah, bekerja sebagai karyawan atau Ibu rumah tangga tetap bisa melakukannya. Apalagi di era internet ini, sebagian besar malah bisa dilakukan dari rumah.

Mulai dari kecil-kecilan dulu, bukan tidak mungkin nanti menjadi bisnis sukses milik mu sendiri yang bisa kamu banggakan. Banyak loh kalangan muda yang memilih menjadi “pengangguran” (tidak bekerja kantoran) karena menikmati menjalankan bisnisnya sendiri, semua dimulai dari bisnis paruh waktu selagi mereka kuliah, atau di awal karir bekerja. Nah kalau sudah seperti itu, pengangguran memang merupakan pilihan, tak bisa dikatakan keterpaksaan lagi seperti dulu 😀

Bisnis paruh waktu ini juga merupakan investasi finansial dan pengembangan diri karena dari sini kamu bisa mendapatkan income tambahan, sekaligus juga mengembangkan diri dengan mengeksploitasi sisi kreativitasmu.

Beberapa ide bisnis paruh waktu yang bisa kamu lakukan contohnya sebagai berikut:

Bisnis Transportasi

Jika kamu mau menyewakan mobilmu atau mau mengendarainya sendiri, kamu bisa bergabung dengan Uber atau GrabTaxi dan lainnya yang sudah banyak bermunculan. Uber atau GrabTaxi ini merupakan sebuah bisnis revolusioner di industri penyewaaan mobil dan transportasi. Kamu bisa beroperasi saat pulang kerja/kuliah, sehingga sambil pulang ke rumah, kamu bisa mendapat uang tambahan minimal pengganti uang bensin kamu.

Kalau kamu seorang IRT tentu tidak bisa lakukan itu. Tapi tenang saja, daripada kamu mengantar-jemput anak sekolah sendirian, bagaimana bila kamu tawarkan ke teman-teman yang tinggalnya searah dengan perjalanan kamu. Yup, kamu mulai merintis bisnis antar jemput anak sekolah. Cukup 2 anak yang ikut mobil kamu, sudah bisa menghasilkan kurang lebih 1/2 juta rupiah loh pemasukannya.

Selain itu, ada pilihan bagi yang berjiwa muda dan menyukai tantangan dengan memanfaatkan sepeda motor dan waktu luang, yaitu bergabung di Go-jek atau Grabbike. Sepeda motor bisa lebih fleksibel, kamu bekerja sambil berangkat dan pulang kuliah, bagi yang bekerja juga bisa.

City Tour Guide (guide keliling kota)

Kalau kamu tahu lokasi wisata atau museum di kotamu, kamu bisa memanfaatkan peluang menjadi tour guide. Kamu bisa bergabung dengan agen tur terlebih dahulu, sebelum memulai bisnis paruh waktu sendiri. Terlebih jika kamu pandai berbahasa asing, kamu bisa menjadi agen guide wisatawan asing.

Dari Hobi Menjadi Bisnis

Jika kamu memiliki hobi yang dengannya terasah skill yang bagus, kamu bisa mengubahnya menjadi sebuah bisnis kecil. Pilihannya tak terbatas, dan beberapa yang populer antara lain:

* Reparasi komputer
* Membuat roti, kue, atau pancake
* Menjual craft/suvenir
* Desain grafis
* Menjadi tutor dalam bimbingan belajar
* Catering untuk rumah atau rumah kost

Hobi kamu belum masuk dalam list di atas? Bagus, tambahkan dan mulai lihat peluang apa yang bisa menjadikannya sebagai bisnis.

Menjual barang di Facebook/Instagram

Jika kamu memiliki barang yang tidak terpakai, kamu bisa menjualnya di Facebook atau Instagram. Bagaimana bila tidak memiliki barang untuk dijual? Kamu bisa menjadi reseller produk lain.

Banyak sekali produsen/distributor produk dari fashion, mainan, kebutuhan rumah tangga, dan lain sebagainya yang dengan senang hati kamu bergabung sebagai reseller (agen penjual) tanpa kamu harus membeli barang dari mereka dalam jumlah besar. Bahkan beberapa tidak perlu membeli apapun, cukup registrasikan diri kamu, segera kamu bisa berbisnis.

Dari daftar bisnis paruh waktu di atas, untuk memulainya kamu hanya perlu mencari peluang dan mulai mempelajarinya tanpa harus takut dengan masalah modal dan pengalaman. Kamu bisa mulai dari apa yang kamu sudah miliki sekarang. Jangan takut persaingan, yang jual kue sudah banyak, yang bikin craft sudah banyak, ingat aja penduduk Indonesia itu ratusan juta kok jumlahnya 😀

Selain itu, hal penting yang perlu digarisbawahi adalah, jika kamu menikmati apa yang kamu kerjakan, kamu bisa mencari jalan mendapatkan uang dari sana. Pelajari dan jangan sungkan tanya kepada mereka yang sudah berhasil melakukannya. Dan yang terpenting, kamu memahami bahwa bisnis membutuhkan proses, kamu harus bersedia menjalani proses itu karena tidak ada bisnis yang langsung meledak omzetnya kecuali janji-janji investasi bodong.

About admin

Check Also

Mending Mana, Barang Branded Investasi Atau Gengsi

Barang Branded, Investasi atau Gengsi? Salah satu tantangan manusia adalah menahan nafsunya, termasuk nafsu belanja. …

Inilah Faktor yang Membuat Pengeluaran Kamu Jadi Besar

Mungkin kesalahpahaman terbesar tentang konsep ‘membangun kekayaan’ adalah bahwa itu adalah terkait dengan besarnya penghasilan. …

Inilah 4 Kesalahan Finansial bagi Wanita Muda

Inilah 4 Kesalahan Finansial bagi Wanita Muda Jaman modern seperti ini, kaum wanita memiliki kesempatan …