Inilah 4 Kesalahan Finansial bagi Wanita Muda

Inilah 4 Kesalahan Finansial bagi Wanita Muda

Jaman modern seperti ini, kaum wanita memiliki kesempatan yang sama dalam berkarir, bahkan banyak yang memiliki penghasilan lebih dari cukup. Namun ternyata, banyak diantara mereka yang belum bisa mengatur keuangannya dengan baik sehingga terjebak oleh kegiatan belanja yang tidak terkontrol. Biasanya terjadi karena penawaran diskon yang menggiurkan atau semata untuk memenuhi tuntutan lifestyle.

Penelitian menunjukkan bahwa satu dari lima wanita tidak dapat menyimpan uang secara teratur. Bila kamu termasuk dalam kategori yang satu orang tersebut, kamu perlu mulai memperbaiki pola keuangan kamu.

Walau begitu, tentu tidak perlu bersedih, karena banyak wanita muda mengalami hal yang sama dan mereka bisa berubah dengan cara yang mudah. Mengelola uang merupakan sesuatu yang bisa dilatih, dan dengan disiplin akan membentuk kebiasaan baru yang menyelamatkan kita dari masalah finansial.

Berikut beberapa kesalahan wanita muda mengenai pengaturan keuangan yang perlu kamu ketahui dan hindari.

1. Tidak memiliki rencana ke depan

Kesalahan ini menyebabkan seseorang menghabiskan jatah penghasilan bulanan untuk biaya hidup per bulan. Hampir-hampir mereka tidak memiliki tabungan atau dana cadangan.

Kamu dapat menghindari masalah seperti ini dengan membuat buat skala prioritas atau target jangka panjang. Dengan target jangka panjang kamu bisa menabung atau menginvestasikan uang ke hal yang lain yang lebih berguna.

2. Tidak tahu apa yang kamu habiskan

Hampir semua orang tidak biasa mencatat pengeluaran yang mereka lakukan sehingga mereka tidak mengetahui untuk apa saja uang mereka habis dibelanjakan.

Mencatat pengeluaran akan membuat kamu menggunakan uang sebijak mungkin karena bisa mengevaluasi kebiasaan boros apa saja yang bisa dihilangkan.

3. Tidak membahas perihal finansial

Sebagian orang menganggap pembahasan tentang masalah uang dan masalah dapur rumah tangga kepada teman adalah tabu. Padahal itu dapat membantu dan sebenarnya hal itu sangat diperlukan.

Kamu dapat memperoleh masukan penting dari sudut pandang orang lain karena bisa jadi teman kamu juga sedang, atau malah sudah berhasil melewati masa-masa sulit dalam finansial. Dengan membahas masalah finansial dengan orang yang kamu percaya, kamu jadi bisa berbagi pengalaman dan mencari solusi bersama.

4. Tidak peduli masalah finansial

Menganggap masalah finansial sebagai kerumitan dan penyebab stres masih menjadi momok bagi beberapa orang. “Uang gak usah dipikirin, nanti juga datang lagi” kata mereka, yang sebenarnya adalah cara untuk menutupi rasa takut pada kondisi finansial.

Bila ada salah satu dari 4 kesalahan tersebut pada diri kamu, jangan tunda-tunda lagi untuk segera melakukan perbaikan. Kesalahan terbesar diluar 4 kesalahan di atas adalah menunda-nunda untuk mulai mengelola keuangan. Berbagai hal menjadi alasan penundaan, ‘nunggu gajian deh, biar pas ada uang mulai direncanakan’, padahal tanpa perencanaan, pas gajian datang uang kembali habis dalam 2 minggu.

Ada juga yang mengatakan, nanti deh mulai direncanain setelah lunas hutang cicilan. Tapi bukankah kamu tidak akan bisa melunasi hutang cicilan bila tidak memiliki perencanaan keuangan?

Buang jauh-jauh semua alasan itu, kamu harus mulai menganggap finansial masalah yang penting dan mengelola sebaik mungkin mulai dari sekarang, tanpa tapi.

About admin

Check Also

Mending Mana, Barang Branded Investasi Atau Gengsi

Barang Branded, Investasi atau Gengsi? Salah satu tantangan manusia adalah menahan nafsunya, termasuk nafsu belanja. …

Inilah Ide-Ide Bisnis Paruh Waktu yang Bisa Kamu Kerjakan

Inilah Ide-Ide Bisnis Paruh Waktu yang Bisa Kamu Kerjakan Bisnis paruh waktu, kenapa tidak? Ini …

Inilah Faktor yang Membuat Pengeluaran Kamu Jadi Besar

Mungkin kesalahpahaman terbesar tentang konsep ‘membangun kekayaan’ adalah bahwa itu adalah terkait dengan besarnya penghasilan. …