Mengapa Buku Penting Untuk Investasi Pemula

Buku Penting Untuk Investasi Pemula

Salah satu tips untuk investasi pemula adalah dengan membaca buku-buku inspirasi. Berikut 3 buku rekomendasi yang bisa dibaca untuk membuat rasa ketertarikan pada investasi.

Selagi muda, mengatur keuangan untuk diinvestasikan sangat disarankan. Namun untuk memulainya tidaklah mudah. Banyak sekali halangan yang mencegah untuk berinvestasi, biasanya yang paling sering malah dari diri sendiri yang memutuskan untuk lebih konsumtif. Tentu penyesalan malah datang belakangan.

Bagaimana cara berinvestasi untuk pemula? Bagaimana cara investasi untuk anak muda? Pertanyaan tersebut sering ditanyakan oleh para orang muda. Berinvestasi seharusnya mempunyai suatu tujuan, tujuan ini tidak perlu tujuan jangka panjang yang terlampau serius. Bisa jadi tujuan ini hanya sebatas memiliki gadget mutakhir di 5 bulan mendatang, atau menghadiri konser band favorit di negeri tetangga beberapa bulan lagi, atau merencanakan liburan ke Raja Ampat, Papua yang tidak murah.

Salah satu tips memulai investasi untuk pemula adalah memulainya dari inspirasi. Situs Selagi Muda memberikan inspirasi untuk mengatur keuangan agar impian masa muda dapat dicapai. Membaca buku juga salah satu hal yang bisa menginspirasi. Buku yang cukup dijadikan pedoman hidup para investor adalah buku Rich Dad Poor Dad karya Robert T. Kiyosaki, namun buku ini tidak cukup menarik perhatian orang muda seperti kita.

Berikut ini 3 buku inspirasi investasi pemula untuk para orang muda:

“Warren Buffett Invests Like a Girl” (2011)
Buku karya Montley Fool ini berisi tentang cerita sukses seorang Warren Buffet berinvestasi. Warren Buffet adalah orang terkaya nomer tiga berdasarkan majalah Forbes. Dalam buku ini memberikan inspirasi bagaimana gaya seorang Warren Buffet memutuskan berinvestasi dengan melakukan pertimbangan dengan hati-hati.

Ampuh Mengatur Gaji Sebulan Judul buku ini sekilas sangat provokatif, namun isinya sangat inspiratif. Warren Buffet justru mejabarkan fakta bahwa wanita mempunyai insting natural dalam mengatur keuangan dan menuai kesuksesan yang lebih dalam berinvestasi jangka panjang dibanding pria.

“Alwaleed: Businessman, Billionaire, Prince” (2005)

Biografi orang terkaya nomer 5 menurut majalah Forbes: Alwaleed Bin Talal Bin Abdulaziz Alsaud, pangeran kerajaan Saudi yang menuai kesuksesan di masa muda. Buku ini menginspirasi pembaca muda dengan cerita perjuangan Si Pangeran dalam membangun bisnisnya. Memulai bisnis dengan pinjaman bank yang sederhana kemudian memberanikan diri menanamkan di beberapa bisnis perbankan dan properti yang akhirnya berkembang pesat. Kemudian memulai berinvestasi besar di perusahaan besar seperti Disney dan Apple Computer.

Pembaca akan mendapat banyak inspirasi dari cerita Pangeran bagaimana cara memutuskan berinvestasi dan apa alasan yang lebih besar dibalik tujuan investasi yang dilakukannya

“I Will Teach You to be Rich” (2009)

Buku yang ditulis oleh orang muda bernama Ramit Sethi. Menuliskan bagaimana mengatur keuangan dengan 4 pilar yaitu keuangan personal, perbankan, menabung, dan menganggarkan belanja. Dengan gaya yang santai, buku ini sangat direkomendasikan untuk para orang muda yang ingin memulai investasi pemula. Yang menarik di buku ini adalah ide-ide segar dan langkah investasi untuk membangun bisnis sendiri.

Dalam buku ini dituliskan cara untuk mengatur 4 pilar keuangan dengan gaya step by step sehingga mudah untuk diaplikasikan oleh semua orang terutama yang masih belum mengerti finansial dan investasi

Jadi, sudah siap berinvestasi untuk mewujudkan impian di masa muda?

About admin

Check Also

Inilah Ide-Ide Bisnis Paruh Waktu yang Bisa Kamu Kerjakan

Inilah Ide-Ide Bisnis Paruh Waktu yang Bisa Kamu Kerjakan Bisnis paruh waktu, kenapa tidak? Ini …

Inilah Faktor yang Membuat Pengeluaran Kamu Jadi Besar

Mungkin kesalahpahaman terbesar tentang konsep ‘membangun kekayaan’ adalah bahwa itu adalah terkait dengan besarnya penghasilan. …

Inilah 4 Kesalahan Finansial bagi Wanita Muda

Inilah 4 Kesalahan Finansial bagi Wanita Muda Jaman modern seperti ini, kaum wanita memiliki kesempatan …