Pentingnya Mulai Berinvestasi sejak Dini

Start Investing

Segala yang kamu miliki dapat digolongkan sebagai harta. Harta itu kemudian dapat digolongkan menjadi harta konsumtif dan harta produktif. Kalau kamu membeli baju atau sepatu jika memang benar-benar dibutuhkan, maka …

Segala yang kamu miliki dapat digolongkan sebagai harta. Harta itu kemudian dapat digolongkan menjadi harta konsumtif dan harta produktif. Kalau kamu membeli baju atau sepatu jika memang benar-benar dibutuhkan, maka itu adalah suatu kebutuhan. Tapi kalau barang tersebut sebenarnya kamu sudah punya, keadaannya masih layak dipakai, tapi kamu tetap membeli karena ingin kelihatan bahwa mampu membeli, maka bisa disebut kalau kamu membeli barang yang sifatnya konsumtif. Konsumtif bisa dikatakan juga komsumerisme.

Nah, banyak kaum muda yang terjebak untuk memperbanyak harta konsumtif. Walaupun tidak semuanya, namun Kebanyakan dari kaum muda tidak menyadari bahwa setiap bulan lebih banyak membeli barang yang termasuk harta konsumtif. Kalau diperhatikan, setiap tanggal muda setelah menerima gaji, maka mall, plaza, atau pusat perbelanjaan akan penuh dengan pengunjung yang sibuk berbelanja, padahal akhirnya hanya untuk menambah barang-barang di rumahnya, entah itu betul-betul diperlukan atau tidak. Ya, mall dan pusat perbelanjaan memang menjadi sentra barang-barang konsumtif, dan sadar atau tidak, kamu selalu pergi ke situ tanpa pernah berusaha memiliki harta produktif.

Sedangkan arti produktif secara sederhana adalah banyak hasilnya atau pun bisa menghasilkan terus menerus berupa uang atau pun hasil bumi yang pada akhirnya menghasilkan uang juga. Demikian pula dengan harta produktif. Kaum muda seperti kamu sangat disarankan untuk mulai memperbanyak harta produktif dibandingkan harta konsumtif. Kaya itu bukanlah orang yang hanya terlihat kaya dari luar, tapi juga kaya di dalamnya, bukan orang yang penampilannya mewah sedang tabungan dan investasi nol besar.

Yang harus kamu lakukan adalah memiliki sebanyak mungkin Harta Produktif. Bahkan, inilah langkah pertama yang harus kamu lakukan setelah mendapatkan gaji: menyisihkan sebagian untuk dibelikan Harta Produktif.

Jangan mengira bahwa harta produktif itu sesuatu yang sangat mahal dan hanya bisa dimiliki dengan uang sangat banyak. Jangan lupa, produk tabungan di bank pun tergolong harta produktif kalau kamu memakainya untuk investasi dan tidak pernah diambil, biarpun pada saat ini bunganya kecil.

Apa saja yang bisa yang digolongkan harta produktif atau harta yang bisa memberikan penghasilan bagi kamu? Prinsipnya, hanya ada empat kelompok besar harta produktif yang bisa kamu miliki. Yang pertama adalah produk investasi. Kedua adalah memiliki bisnis yang memberikan kamu penghasilan. Ketiga adalah memiliki harta yang disewakan, seperti rumah, apartemen, tanah ataupun mobil dan motor yang kamu sewakan dan memberikan penghasilan bagi kamu. Keempat adalah barang ciptaan, contohnya yang paling legendaris adalah Steve Jobs yang menciptakan komputer merk apple yang kemudian terkenal ke seantero dunia, mungkin termasuk kamu yang memakai produk hasil ciptaaannya.

Nah, untuk kaum muda seperti kamu, mungkin memiliki harta produktif yang paling mudah adalah dengan memiliki produk investasi. Produk investasi yang dapat memberikan imbal hasil yang cukup baik, dengan hasil yang lebih tinggi dari inflasi, kemudian murah, karena terjangkau harga per unitnya, lalu mudah, karena tidak terkendala oleh waktu dan bisa dibeli kapan saja. Produk investasi yang cocok untuk kaum muda dengan kriteria seperti ini adalah reksadana.

Jangan lupa menumpuk dan menambah koleksi harta produktif kamu mulai sekarang, supaya kelak kalau nanti gaji bulanan kamu berhenti, penghasilan dari harta produktif masih tetap ada. Beli dan miliki sebanyak mungkin harta yang bisa memberikan penghasilan. Walaupun penghasilan kamu sebagai seorang karyawan umumnya dibatasi, namun kamu tetap bisa menumpuk kekayaan jika tahu bagaimana caranya. Tidak sulit kan?

About admin

Check Also

Inilah Ide-Ide Bisnis Paruh Waktu yang Bisa Kamu Kerjakan

Inilah Ide-Ide Bisnis Paruh Waktu yang Bisa Kamu Kerjakan Bisnis paruh waktu, kenapa tidak? Ini …

Inilah Faktor yang Membuat Pengeluaran Kamu Jadi Besar

Mungkin kesalahpahaman terbesar tentang konsep ‘membangun kekayaan’ adalah bahwa itu adalah terkait dengan besarnya penghasilan. …

Inilah 4 Kesalahan Finansial bagi Wanita Muda

Inilah 4 Kesalahan Finansial bagi Wanita Muda Jaman modern seperti ini, kaum wanita memiliki kesempatan …