Inilah Faktor yang Membuat Pengeluaran Kamu Jadi Besar

Mungkin kesalahpahaman terbesar tentang konsep ‘membangun kekayaan’ adalah bahwa itu adalah terkait dengan besarnya penghasilan. Padahal pada kenyataannya tidaklah demikian. Dalam dunia nyata, membangun kekayaan lebih menitikberatkan pada kebiasaan pengeluaran yang dilakukan oleh seseorang. Mungkin kamu pernah mendengar jargon, ”It’s not important how much you can get, it’s more important how much you can keep”.

Jadi, tidaklah penting seberapa besar penghasilan yang kamu bisa dapatkan, namun jauh lebih penting seberapa besar dari penghasilan kamu tersebut yang dapat kamu simpan.

Namun, kebanyakan orang, terlebih kaum muda seperti kamu tidak menyadari berapa banyak uang yang telah dikeluarkan setiap harinya, setiap minggunya, tiap bulannya. Hal ini tidak terkait pada pengeluaran-pengeluaran besar, tapi lebih kepada pengeluaran-pengeluaran kecil yang tanpa disadari menghabiskan uang kamu.

Team SelagiMuda mencoba menyusun beberapa hal yang sering kami menjadi bagian dari “The Latte Factor” seseorang. Berikut beberapa hal yang membuat pengeluaran kamu menjadi besar tanpa kamu sadari.

Pertama: Makan di Restoran.

Bila kamu kerja di kantor, sudah menjadi kebiasaan untuk bergabung dengan teman-teman sekantor kamu untuk makan siang di kantin, atau restoran dekat kantor. Tanpa kamu sadari hal ini membuat pengeluaran kamu membesar. Cobalah ganti kebiasaan kamu dengan membawa bekal makan siang dari rumah. Kamu dapat tetap makan siang bersama teman-teman kamu pada hari-hari tertentu saja, misalnya seminggu dua kali saja.

Kedua: Mall dan Cafe.

Di akhir pekan, biasanya kamu akan membawa keluarga kamu jalan-jalan ke tempat hiburan seperti pusat pertokoan dan restoran. Tanpa kamu sadari kegiatan akhir pekan ini merupakan pengeluaran yang besar. Dari survey kecil yang kami lakukan, rata-rata keluarga menghabiskan minimum Rp. 200.000,- untuk makan di restoran atau cafe di pusat perbelanjaan.

Ketiga: Sinema

Kamu pasti akan berpikir: apa yang salah dengan ini? Bukankah hiburan itu juga penting? Yup! Hiburan memang penting untuk melepas kepenatan kita, tapi HTM film terbaru di sinema favorit ditambah dengan cemilan dan minuman yang harus kamu beli karena tidak boleh membawa dari luar, bisa menghabiskan uang Rp. 100.000,-, bisa lebih bila kamu mengajak teman atau keluarga.

Hobi menonton film terbaru harus bisa kamu siasati sehingga tidak setiap film baru di bioskop kamu termasuk yang antri membeli tiket disana.

Keempat: Listrik, air minum, pulsa dan TV kabel.

Terkadang membayar tagihan-tagihan utilitas seperti listrik, air minum, telepon dan tv kabel secara otomatis yang langsung potong lewat rekening membuat kamu membayar lebih mahal karena kamu tidak sadar jumlahnya.

Cobalah kamu perhatikan rekening tersebut, khususnya listrik dan rekening tv kabel. Ternyata tidak semua saluran yang tersedia kamu tonton setiap hari. Kurangilah saluran-saluran yang tidak kamu tonton tersebut untuk mengurangi pengeluaran.

Kelima: Fenomena belanja online.

Dewasa ini, siapa sih yang tidak mengenal ecommerce? Begitu banyak website ecommerce selalu pasang iklan di social media yang membuat orang “terpapar” iklan untuk konsumtif hampir setiap saat.

Proses belanja yang sangat mudah, karena kamu tinggal klik saja, membuat orang menjadi lebih mudah mengeluarkan uang, tidak perlu lagi menunggu akhir pekan. Kemudahan proses ini terkadang membuat kamu lupa untuk mengendalikan the latte factor kamu.

Keenam: Program promo dan sale

Tiap jangka waktu tertentu, pasti kamu akan melihat program promo besar-besaran ataupun obral/sale di banyak toko dan pusat perbelanjaan. Seolah-olah kamu membeli lebih murah dengan program promo dan sale tersebut. Padahal, terkadang harganya tidak terpaut jauh dengan harga aslinya. Lalu, karena sudah berasumsi harga tersebut murah maka kamu akan cenderung membabi buta membeli barang-barang promo dan sale lainnya yang akan menjebol dompet kamu.

Enam hal tersebut contoh yang dapat membuat pengeluaran kamu tanpa sadar menjadi lebih besar. Kamu bisa tambahkan bila ada hal lain yang kamu biasa lakukan. Semoga dapat menjadi masukan bagi kamu untuk lebih berdisiplin dan menahan diri demi menggapai mimpi yang lebih besar di masa depan.

About admin

Check Also

Mending Mana, Barang Branded Investasi Atau Gengsi

Barang Branded, Investasi atau Gengsi? Salah satu tantangan manusia adalah menahan nafsunya, termasuk nafsu belanja. …

Inilah Ide-Ide Bisnis Paruh Waktu yang Bisa Kamu Kerjakan

Inilah Ide-Ide Bisnis Paruh Waktu yang Bisa Kamu Kerjakan Bisnis paruh waktu, kenapa tidak? Ini …

Inilah 4 Kesalahan Finansial bagi Wanita Muda

Inilah 4 Kesalahan Finansial bagi Wanita Muda Jaman modern seperti ini, kaum wanita memiliki kesempatan …